Kenapa Bisnis Pemasaran Jaringan
Lebih Unggul?
Lebih Unggul?
“KEUNGGULAN
BESAR bisnis pemasaran jaringan adalah Anda tetap
bisa bekerja dan sekaligus membangun bisnis sendiri secara paruh waktu.
Investasi dan resikonya juga jauh lebih KECIL
serta tersedia pendidikan dan dukungan yang membimbing Anda meraih kesuksesan.
Selain itu, sistem pemasaran jaringan adalah PIRAMIDA
TERBALIK sehingga puncak sistemnya terbuka bagi siapa
saja. Tidak seperti sistem korporat tradisional yang berbentuk piramida, yang
hanya mengijinkan satu
orang mencapai puncak perusahaan.” (Robert
T. Kiyosaki, “Rich Dad's The Business School For
People Who Like Helping People”)
Dalam bukunya, “Rich Dad's The Business School For People Who Like Helping People” Kiyosaki justru menyatakan sistem pemasaran jaringan adalah piramida terbalik. Artinya, fokus utama bisnis ini adalah membawa makin banyak orang di kuadran business owner menuju puncak atau dengan kata lain puncak sistem terbuka bagi siapa saja.
Sebaliknya, sistem korporat tradisional yang selama ini
kita kenal, justru adalah perusahaan dengan sistem piramida. Dalam bisnis
tradisional ini, fokusnya adalah memiliki para karyawan (employee) dan orang yang bekerja sendiri (self-employee) untuk bekerja pada mereka. Dan sistem ini hanya
mengijinkan satu orang saja mencapai puncak perusahaan. Sedangkan pada
sistem pemasaran jaringan, yang menjadi salah satu kelebihannya adalah Andalah
yang akan menciptakan aset. Yaitu, para pemilik bisnis itu sendiri (business
owner). Yang lain bekerja di
bawah Anda dan tugas mereka kemudian adalah menciptakan para business
owner lainnya bekerja di bawah
mereka.
Karena itu, Kiyosaki menganjurkan kepada semua
karyawannya untuk mempertimbangkan pemasaran jaringan sebagai bisnis paruh
waktu mereka, sementara mereka juga bekerja pada bisnisnya secara purnawaktu.
Hal ini berarti bisnis pemasaran jaringan mengijinkan
setiap orang yang terlibat di dalamnya berada di dalam kuadran B (business
owner), sekaligus juga berada di
kuadran E (employee).
Kuadran B ini sering disebut-sebut Kiyosaki di seri buku-bukunya terdahulu
sebagai kuadran yang bisa membawa orang menjadi ultrakaya.
Untuk menjadi orang yang ultrakaya, menurut Kiyosaki,
seseorang harus terlebih dahulu berada di kuadran B (business
owner) dan I (investor). Namun biasanya hanya orang-orang kaya sajalah yang
bisa berada di kuadran I. Karena untuk memperoleh investasi terbaik dibutuhkan
uang yang sangat banyak. Sedangkan untuk berada di kuadran B, seseorang harus
memiliki modal yang besar, dasar karakter dan kecerdasan emosional yang sangat
bagus.
Artinya jika seseorang ingin berpindah dari kuadran E
menuju kuadran B, maka dia membutuhkan perubahan secara mental, emosional,
fisik dan spiritual. Karena itulah, Kiyosaki menyatakan mengapa rancangan
pendidikan sebuah perusahaan pemasaran jaringan lebih penting dibandingkan
produk dan rancangan kompensasinya.
Berdasarkan pengalaman dan pengamatan Kiyosaki terhadap
pebisnis-pebisnis sukses, faktor karakter dan kecerdasan emosional adalah
faktor utama kesuksesan mereka. Begitu mereka memiliki karakter sebagai orang
sukses, maka kesuksesan bisnis datang dengan sendirinya. Karena itulah,
Kiyosaki menyarankan orang untuk memasuki bisnis pemasaran jaringan yang
menyediakan pendidikan yang bagus untuk mengembangkan kecerdasan emosional, sekaligus keahlian bisnis Anda.
menyediakan pendidikan yang bagus untuk mengembangkan kecerdasan emosional, sekaligus keahlian bisnis Anda.
Di samping itu, bisnis jaringan juga mendidik orang yang
bergabung dengan mereka untuk menjadi pemimpin. Nilai kepemimpinan inilah yang
dinilai Kiyosaki begitu sangat berharga dalam menjalankan sebuah bisnis. Namun
selain itu juga, Anda akan didampingi mentor yang akan selalu membimbing Anda,
sehingga Anda tidak akan pernah merasa sendirian dalam menjalankan bisnis ini.
Berubahnya
Aturan Dunia
Selain kelebihan pendidikan pembangunan karakter dan
kecerdasan emosional, kelebihan lainnya dari bisnis pemasaran jaringan ini
adalah investasi dan resikonya LEBIH KECIL dibandingkan bisnis
tradisional. Karena, seperti Kiyosaki saja harus menghadapi kegagalan dua kali
dan kerugian ratusan ribu dollar sebelum memperoleh kesuksesan seperti
sekarang.
Namun, Kiyosaki mengingatkan untuk BERHASIL di bisnis pemasaran jaringan ini, sebaiknya motivasi utama bergabung dengan bisnis ini adalah untuk membantu diri sendiri sebagai ALASAN PERTAMA dan membantu orang lain sebagai ALASAN KEDUA.
Namun, Kiyosaki mengingatkan untuk BERHASIL di bisnis pemasaran jaringan ini, sebaiknya motivasi utama bergabung dengan bisnis ini adalah untuk membantu diri sendiri sebagai ALASAN PERTAMA dan membantu orang lain sebagai ALASAN KEDUA.
Karena menurut Kiyosaki, kebanyakan orang bergabung hanya
untuk mencari uang. Dan kalau mereka tidak mendapat uang dalam beberapa bulan
atau tahun pertama, mereka menjadi patah semangat, berhenti dan sering kali
menyebarkan kejelekan tentang industri pemasaran jaringan.
Kiyosaki juga menambahkan..
"keunggulan bisnis ini tidak diukur dengan seberapa
banyak uang Anda peroleh, tetapi berapa banyak orang yang Anda bantu dan berapa
banyak hidup orang yang Anda ubah. Karena memang ironinya, semakin banyak orang
yang Anda bantu mengubah hidupnya, Anda semakin kaya."
Salah satu teori yang mendukung keunggulan bisnis
pemasaran jaringan ini adalah HUKUM METCALF yang diciptakan oleh Robert
Metcalf, pencipta ethernet (sebuah sistem dalam jaringan komputer). Hukum ini
berbunyi:
Nilai ekonomis sebuah jaringan = Jumlah Pengguna²
Dalam sebuah perumpamaan yang sederhana, jika di dunia
ini terdapat hanya satu buah telepon maka tidak ada nilai ekonomis pada telepon
tersebut. Namun jika ada 2 telepon, menurut Hukum Metcalf nilai ekonomisnya
menjadi pangkat 2. Dan bila ada telepon ketiga, maka nilai ekonomis jaringan
itu sekarang 9. Artinya, nilai ekonomis sebuah jaringan naik menurut DERET
UKUR, bukan deret hitung. Dan inilah yang menjadi kekuatan dan nilai bisnis
jaringan.
Namun, dari semua keunggulan tersebut, yang paling mengejutkan adalah prediksi diungkapkan oleh Kiyosaki dalam bukunya “Rich Dad's The Business School For People Who Like Helping People”. Kiyosaki memprediksikan kemungkinan kuat pasar saham Amerika Serikat akan kolaps, kalau tidak terjadi lebih cepat. Tahun 2010 merupakan tolok ukur, karena di tahun tersebut para generasi baby boomers akan mulai pensiun di Amerika. Ketika itu terjadi, kemungkinannya adalah pasar saham akan mulai mengempis.
Mengapa pasar saham akan mengalami pengempisan? Ledakan
pasar saham sejak tahun 1990 hingga 2010 digerakan para boomers yang membelanjakan uang mereka selama masa penghasilan
puncak dan menaruh uang dalam pasar saham untuk pensiun. Pada tahun 2010,
peningkatan pesat itu kemungkinan akan berhenti. Ini artinya, para boomers tersebut akan kehilangan mimpi mereka terjamin secara
finansial selama pensiun. Sementara itu juga, dibutuhkan waktu sekitar 25 tahun
untuk memulihkan pasar saham.
Kejatuhan ini pun akan segera membawa efek snow
balls berupa kebangkrutan
sehingga makin banyak orang takut diberhentikan dari pekerjaan mereka. Pada
saat itulah, makin banyak orang yang sadar bahwa Era Industri telah BERLALU dan
aturan dunia sudah BERUBAH untuk selama-lamanya.
Pada Era Industri, aturannya dalah Anda bekerja keras dan PERUSAHAAN serta pemerintah yang akan mengurus Anda. Sedangkan pada Era Informasi, aturannya adalah Anda akan mendapatkan yang terbaik dengan mengurus diri sendiri. Maka mereka pun mencari peluang jaminan finansial pada bisnis jaringan.
Pada Era Industri, aturannya dalah Anda bekerja keras dan PERUSAHAAN serta pemerintah yang akan mengurus Anda. Sedangkan pada Era Informasi, aturannya adalah Anda akan mendapatkan yang terbaik dengan mengurus diri sendiri. Maka mereka pun mencari peluang jaminan finansial pada bisnis jaringan.
Menurut Kiyosaki, sepanjang sejarah, kebangkrutan mengikuti semua peningkatan secara pesat. Hal ini bisa menjadi berita baik bagi sebagian orang sekaligus berita buruk bagi sebagian orang lainnya. Namun, bagi bisnis pemasaran jaringan, dunia adalah wilayah kita. Jika kita memiliki bisnis pemasaran jaringan internasional, kebangkrutan bisa menjadi berita baik sebagaimana halnya dengan peningkatan pesat ekonomi. Itulah beberapa alasan, mengapa Kiyosaki melihat MASA DEPAN industri pemasaran jaringan semakin cerah.
Kesimpulan: Mengapa bisnis pemasaran jaringan lebih unggul?
·
Sistem bisnis pemasaran jaringan adalah
PIRAMIDA TERBALIK, yang puncaknya terbuka bagi siapa saja.
·
Bisnis pemasaran jaringan membuat orang
berada pada kuadran B (business
owner) -kuadran tempat orang-orang ultrakaya- sekaligus juga berada
pada kuadran E (employee).
·
Rancangan pendidikan pada bisnis pemasaran
jaringan bagus untuk membangun karakter dan kecerdasan emosional seseorang,
sekaligus juga keahlian bisnis mereka.
·
Bisnis pemasaran jaringan mendidik orang yang
bergabung di dalamnya menjadi seorang pemimpin.
·
Anda didampingi mentor yang akan selalu
membimbing Anda, sehingga Anda tidak akan pernah merasa sendirian dalam
menjalankan bisnis ini.
·
Investasi dan resiko bisnis pemasaran
jaringan LEBIH KECIL dibandingkan membangun bisnis korporat tradisional.
·
Semakin Anda membantu diri sendiri dan
membantu orang lain dalam bisnis pemasaran jaringan, maka Anda akan semakin
bertambah kaya.
·
Kekuatan dan nilai bisnis jaringan selaras
dengan DERET UKUR dan hukum Metcalf : Nilai ekonomis sebuah jaringan = Jumlah
Pengguna².
·
Era
Industri sudah berlalu dan aturan dunia sudah berubah. Di Era Informasi ini,
bagi bisnis pemasaran jaringan internasional, kebangkrutan bisa menjadi berita
baik sebagaimana halnya peningkatan pesat ekonomi.